Minggu, 25 November 2012

Perkembangan kerajaan yang bercorak islam di indonesia

Perkembangan kerajaan yang bercorak islam di indonesia
Runtuhnya kerajaan –kerajaan hindu dan budha di indonesia menjadi titik awal masuk dan berkembangnya kerajaan islam di indonesia.kerajaan islam di indonesia sangat berpengaruh terhadap bangsa indonesia , mulai dari sektor pemerintahan , ekonomi dan,sosial budaya .dalam sektor pemerintahan ,kerajaan islam pertama di indonesia adalah kerajaan peurlak lalu di susul oleh kerajaan samudra pasai.
Kerajaan samudra pasai
Merupakan kerajaan islam pertama di indonesia ,istilah lain nama kerajaan ini yaitu keajaan darussalam .pendiri dari kerajaan samudra pasai adalah nazimudin al-kamil,seorang pesiar laut dari mesir. Dan raja pertama nya adalah marah silu yang memiliki julukan sultan malik as-shaleh ,pada masa pemerintahan sultan malik as-shaleh kerajaan samudra pasai berkembang pesat terutama dalam sektor perekonomian nya karena wilayah pedagangan nya yang strategis dan komoditas ekspornya yang tinggi yaitu rempah-rempah (lada).
Dalam sektor sultan iskandar muda yang merupakan raja kedua yang memerintah di kerajaan samudra pasai telah membangun sebuah mesjid yang bernama baiturrahaman ...yang menjadi pusat peribadahan masyarakat aceh.
Adapun mengenai massa berakhirnya kerajaan samudra pasai karena adanya serangan dari portugis dan terjadi pertikan yang menjadikan perang saudara.

oleh Iis Samrotul Fuadah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar