Kamis, 22 November 2012

BIOSFER

A. Pengertian Biosfer
Secara etimologi biosfer merupakan gabungan dari dua kata, yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi, biosfer adalah lapisan tempat hidup (habitat) makhluk hidup. Biosfer meliputi lapisan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Ketiga lapisan tersebut saling berinteraksi dan membentuk lapisan biosfer tempat ditemukannya kehidupan di bumi.

B. Persebaran Hewan Tumbuhan di Muka Bumi

1. Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi

a. Fauna di Padang Rumput
Padang rumput merupakan habitat dari berbagai jenis binatang, karenapadang rumput menyediakan segala yang dibutuhkan oleh hewan-hewanpemakan rumput (herbivora). Jenis hewan yang hidup di padang rumput antaralain kuda, zebra, bison, dan kanguru (yang hidup di padang rumput Australia).Selain hewan herbivora, di daerah ini juga terdapat hewan predator seperti singa, harimau, serigala, dan binatang karnivora lainnya.

b. Fauna di Daerah Gurun
Gurun identik dengan daerah kering, sehingga binatang yang berada didaerah ini biasanya mampu beradaptasi dan bertahan hidup dalam kondisicuaca yang panas dan kering. Binatang yang hidup di daerah kering dicirikandengan pencarian mangsa pada pagi hari atau malam hari dan hidupnya di
lubang-lubang untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari pada sianghari, dan cuaca dingin pada malam hari. Binatang yang hidup di gurun biasanyaberukuran kecil, seperti kadal, ular, dan tikus. Binatang yang berukuran besarbiasanya jarang ditemui di daerah ini, karena adaptasinya yang sulit. Contoh,binatang besar yang mampu beradaptasi dan bertahan hidup di daerah gurun
adalah unta dan kuda.

c. Fauna di Daerah Tundra
Tundra merupakan daerah yang mempunyai iklim kutub, oleh karena itudaerah ini merupakan daerah dingin (beku). Fauna di daerah tundra dicirikanmempunyai bulu-bulu yang tebal, yang berfungsi sebagai pelindung dari cuacadingin di daerah tersebut. Fauna yang hidup di daerah tundra antara lain pendeerdan muskox merupakan jenis hewan herbivora (pemakan jenis lumut). Jenishewan mamalia yang mampu bertahan di daerah tundra antara lain beruangkutub, serigala kutub, dan kelinci kutub. Daerah tundra yang beriklim kutubyang dingin memiliki jenis fauna lebih sedikit dibandingkan daerah gurun.

d. Fauna di Hutan Tropik
Fauna yang hidup di hutan tropik jenisnya sangat beragam antara lain kera,berbagai jenis burung,hariamau, gajah, serangga, binatang melata, dan berbagaijenis hewan vertebrata dan invertebrata lainnya.

e. Fauna di Daerah Taiga
Jenis fauna yang ada di daerah taiga didominasi oleh bermacam-macamburung yang bermigrasi ke arah selatan pada waktu musim gugur. Jenis faunayang khas di daerah ini adalah moose, serigala, dan beruang hitam.

f. Fauna di Daerah Kutub
Fauna yang mampu hidup di daerah kutub pada umumnya mempunyai bulubulu yang tebal, seperti jenis hewan yang hidup di daerah tundra. Fauna yang hidup di daerah kutub antara lain beruang kutub serta mamalia air seperti singa laut, yang dijadikan sebagai makanan utama beruang kutub, dan sejenis burung yaitu penguin.

2. Jenis Hewan (Fauna) di Perairan
Organisme di dalam air dapat diklasifikasikan berdasarkan model kehidupannya, sebagai berikut.

a. Bentos, adalah organisme yang melekat di dasar endapan. Bentos dapat dibagi berdasarkan cara makannya, yaitu pemakan penyaring (kerang) dan pemakan deposit (siput).
b. Plankton, adalah organisme mengapung yang pergerakannya tergantung pada arus laut.
c. Nekton, adalah organisme yang dapat berenang dan bergerak dengan kemampuannya sendiri, misalnya ikan, ampibi, dan serangga air.
d. Neustin, adalah organisme yang beristirahat atau berenang pada permukaan laut.



Oleh Shifa safa’atul hamidah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar